Monday, May 14, 2012

Orang Belanda Di Mata (saya) Orang Indonesia

Sebagai bangsa yang pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun bangsa Indonesia sangat akrab dengan bangsa Belanda. Memang tidak terbayangkan Belanda negara kecil (41.526km2) di Eropa sana mampu menguasai Nusantara yang demikian luas ini. Selama 350 tahun bangsa Belanda menjajah dan mencoba menanamkan visi dan konsep kehidupanannya di Indonesia. Sehingga tidak heran bangsa Belanda ini memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan bangsa Indonesia.


Terong Belanda
Ingat terong belanda? Buah ini bukan berasal dari Belanda, tapi berasal dari daerah Amazon, Amerika Latin. Lalu kenapa disebut terong Belanda? Mungkin karena pertama kali buah ini dibawa dan dikembangkan di Indonesia oleh orang Belanda sehingga kata belanda mengikuti nama buah ini, jadilah Terong Belanda.
Entah mengapa orang Indonesia ini selalu terkagum-kagum dengan kata “Belanda” bukan hanya pada terong saja kata “Belanda” disematkan, untuk mengatakan atau menyebutkan sesuatu - orang-orang suku jawa misalnya – mereka menyebut orang belanda dengan sebutan “Wong Londo” (wong = orang, Londo = Belanda)
Selanjutnya menjadi salah kaprah karena kata Londo (Belanda) ini disematkan untuk menyebut bangsa kulit putih lain jadilah istilah “Londo Inggris” (untuk menyebut orang Inggris), “Londo Jerman” untuk menyebut orang Jerman. Padahal jelas-jelas beda banget antara Inggris, Jerman dan Belanda: Inggris ya Inggris, Jerman ya Jerman tidak ada “Belanda Inggris” ataupun “Belanda Jerman”…….

Ada lagi istilah Belanda Depok, walaupun kadang istilah ini lebih merupakan ejekan untuk orang Indonesia yang ke barat-baratan – namun setidaknya ini menunjukan betapa kuatnya pengaruh bangsa Belanda di Indonesia.

Mau tidak mau kita juga harus mengakui bagaimana visi bangsa Belanda saat menjajah Indonesia begitu jauh ke depan, sehingga ketika Indonesia merdeka telah mewariskan suatu konsep pembangunan ekonomi yang sangat maju-mau bukti? Ini Buktinya Semua PT Perkebunan Negara (PT.PN) yang ada saat ini adalah melanjutkan perkebunan-perkebunan yang dibuat oleh Belanda. (perkebunan karet, perkebunan teh, perkebunan tembakau, dll).

Masih kurang bukti? 
Jaringan jalan kereta Api di Indonesia 95% (jika tidak bisa dibilang semuanya) adalah jaringan rel kereta api yang dibangun oleh bangsa Belanda. Bahkan jaringan kereta ini, masih digunakan oleh Indonesia.


Konsep dan kegiatan transmigrasi yang pertama di Indonesia juga dilakukan oleh Belanda, dengan mengirimkan tenaga kerja suku Jawa ke perkebunan-perkebunan di Sumatera – kini dikenal istilah Jadel (Jawa Deli) untuk keturunan suku jawa yg menjadi transmigran. 


Bahkan pengiriman tenaga kerja suku jawa oleh Belanda bukan hanya ke Sumatera saja tetapi juga ke luar negeri yaitu ke Suriname – sampe kini masih banyak keturunan Jawa di Suriname. Mungkin jika lebih banyak lagi suku Jawa yg dikirim ke luar negeri oleh Belanda – bisa jadi suku Jawa jadi mendunia….hehehehe

Untuk mengatasi banjir di Batavia (Jakarta) Belanda membangun kanal-kanal menuju ke laut – konsep yang sama yang kini dilanjutkan oleh pemda Jakarta dengan membangun Banjir Kanal Timur (BKT).

Kalau mau jujur dan berpikiran positif banyak sudah buah pikiran maupun ide-ide cemerlang bangsa Belanda yang diserap dan diteruskan oleh bangsa Indonesia; walaupun tidak kita pungkiri juga ada catatan kelam bangsa Belanda atas bangsa Indonesia ini.

Belanda di mata orang Indonesia, negara kecil yang punya visi jauh memberi warna di kehidupan orang Indonesia, dan begitu menginspirasi.

No comments:

Post a Comment